Ada Beasiswa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

advertisement

Ada Beasiswa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga memiliki hak untuk memperoleh beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Uniknya, program beasiswa ini tak hanya diperuntukkan bagi ABK, tetapi juga bagi anak yang memiliki orang tua berkebutuhan khusus.

Ada Beasiswa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Kementerian menyediakan beasiswa sebesar Rp 1 juta per tahun untuk setiap ABK atau anak dengan orangtua berkebutuhan khusus. Program ini sudah dimulai sejak tahun 2011 lalu dan dilaksanakan melalui kerjasama dengan asosiasi kecacatan Perkins Internasional.

Selain beasiswa bagi ABK, sekolah yang melayani ABK juga mendapatkan bantuan operasional sebesar Rp 40 juta per tahun dengan sistem fixed cost. Sekolah juga memperoleh bantuan sosial e-learning senilai Rp 50 juta per sekolah.

Bantuan itu diberikan karena Angka Partisipasi Kasar (APK), termasuk ABK ganda di tingkat pendidikan dasar masih sangat minim, yaitu baru sekitar 30,5 persen dari sekitar 300 ribu ABK usai sekolah di Indonesia.

Kemendikbud akan mengembangkan program bekal kemandirian bagi ABK ‘From School to Post School Transition Program’. Mereka harus mulai belajar kewirausahaan sejak dini sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

advertisement

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *