Cara Hemat Ala Anak Kost

advertisement

Kuliah di tempat yang jauh, seperti luar kota membuat Anda dituntut untuk menetap di sekitar lokasi kampus, karena kalau harus pulang pergi, selain menghabiskan waktu, bisa menghabiskan biaya juga :D

Karena itulah banyak mahasiswa yang menetap atau menyewa kost-an yang lokasinya dekat dengan kampus. Tapi, yang namanya hidup terpisah dari orang tua, maka kita pun harus mengatur sebaik mungkin uang kiriman orang tua yang kita dapatkan setiap bulannya, agar tidak terlalu memberatkan orang tua dan mencukupkan apa yang ada.

Untuk bisa cukup dengan biaya yang ada, maka ada beberapa tips Hemat ala Anak Kost yang harus Anda ketahui, antara lain :

 

  1. 1.       Masak Sendiri

Di kost-an biasanya disediakan peralatan dapur yang bisa dipergunakan untuk keperluan memasak. Sebaiknya hindari membeli makanan langsung dari rumah makan atau restoran, karena dengan masak sendiri, akan lebih menghemat pengeluaran makan Anda.

Siapkan anggaran belanja dapur yang harus Anda keluarkan, stok bahan makanan yang bisa cukup untuk sebulan.

Kalau tidak ada alat masak yang disediakan, Anda sebaiknya membeli peralatan masak sederhana, seperti rice cooker dan dispenser. Memang mahal pada awalnya, tetapi akan terasa manfaatnya dari pengeluaran yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan Anda terbiasa makan di luar.

Kuliah khan tidak ditempuh dalam waktu sebentar, melainkan beberapa tahun. Karena itu nggak rugi rasanya jika harus membeli peralatan tersebut, toh nantinya selesai kuliah Anda bisa menjual kembali barang tersebut. Atau kalau Anda berhati mulia, Anda bisa memberikannya untuk penerus Anda, khan jadi amal baik :D

 

  1. 2.       Siapkan Anggaran

Tulis segala keperluan dan kebutuhan bulanan Anda. Mulai dari keperluan dapur, biaya kuliah dan perlengkapan kuliah yang harus disediakan.

Hal ini dimaksudkan, jika pada waktunya Anda menerima kiriman uang dari ortu, maka pos pos pengeluarannya sudah terkendali. Kebiasaan manusia saat memegang uang, maka akan terasa gatal dan ingin segera memakainya, hingga terkadang lupa apa yang sebenarnya lebih mendesak, dan apa yang hanya untuk hiburan saja.

Kalau sudah ada daftar, maka Anda akan mendahulukan daftar tersebut, setelah itu, jika ada sisanya maka bisa Anda pergunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder Anda.

 

  1. 3.       Utamakan Manfaat bukan Martabat

Dalam membeli barang barang keperluan Anda, tidak harus selalu yang bermerk atau bermartabat, tetapi lihatlah segi manfaatnya. Jika dirasa barang tersebut sudah cukup bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan Anda, maka pilihlah barang tersebut walaupun tidak terkenal atau tidak bermerk, karena biasanya harga yang ditawarkan oleh barang seperti ini tidak terlalu mahal dan ekonomis.

Salah satu contohnya, Anda bisa membeli air mineral biasa untuk keperluan minum Anda, karena tujuannya hanya untuk menghilangkan haus dan mengkontrol cairan dalam tubuh saja.

 

Demikian sedikit tips Hemat ala Anak Kost. Semoga Dengan 3 hal di atas Anda bisa menghemat pengeluaran, sehingga sisa biaya kiriman bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan yang lain atau ditabung untuk keperluan Anda di masa depan.

advertisement
Tags:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *