Persoalan Dan Tanya Jawab Tentang Teori Akuntansi

advertisement

1.) Jelaskan definisi teori akuntansi yang paling sesuai menurut saudara, dan apa tujuan mempelajarinya?

Teori Akuntansi adalah suatu sistem yang komprehensif di mana termasuk postulat dan teori yang berkaitan dengannya. Elemen postulat atau asumsi dasar, definisi, tujuan akuntansi, prinsip atau standard dan prosedur atau metode-metode  yang dapat menjelaskan dan memprediksi fenomena akuntansi yang ada.

Tujuan mempelajari Teori Akuntansi adalah

(1)   Menjelaskan mengapa metode tertentu dipakai oleh perusahaan tertentu.

(2)   Memprediksi fenomena akuntansi yang belum diamati.

(3)   Semua pihak yang berkepentingan dengan akuntansi membutuhkan teori, karena teori dapat menjelaskan dunia nyata dengan lebih menarik secara intuitif, dan mempunyai kekuatan untuk memprediksi dengan lebih baik. Jadi, pentingnya teori adalah agar ia berguna untuk keputusan memaksimisasi kemakmuran    para pihak-pihak di atas.

2.) Jelaskan rerangka konseptual (conceptual frame work) menurut saudara, dan sebutkan pula publikasi apa saja yang termasuk rerangka konseptual tersebut!

Rerangka konseptual adalah suatu konstitusi, suatu sistem koheren dari hubungan antara tujuan dan fundamental yang dapat mendorong standar yang konsisten dan yang menjelaskan sifat, fungsi, dan keterbatasan akuntansi keuangan dan laporan keuangan. Atau rerangka konseptual adalah konsep-konsep yang pernah ada, kemudian dipilih untuk dijadikan pedoman atau acuan.

Publikasi yang termasuk rerangka konseptual adalah ASOBAT; SFAC no. 1, 2, 3, 5, 6  dan PSAK.

3.) Dari beberapa publikasi American Accounting Association, ASOBAT dipandang sebagai publikasi pertama yang dijadikan acuan teori akuntansi. Jelaskan!

Akuntansi lahir dengan maksud dan tujuan tertentu yaitu untuk memberikan jasa kepada penggunanya berupa informasi keuangan yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan dan akuntansi hadir karena adanya permintaan dari kebutuhan para pebisnis. Dalam merumuskan teori akuntansi maka tujuan laporan keuangan merupakan dasar utama, karena tujuan inilah yang harus diwujudkan oleh ilmu akuntansi itu. ASOBAT yang diterbitkan oleh AAA pada tahun 1966 merupakan publikasi pertama yang mengkaji tentang tujuan laporan keuangan sehingga ASOBAT dapat dijadikan acuan teori akuntansi pertama yang diterbitkan.

4.) Di dalam pendekatan tradisional untuk merumuskan teori akuntansi dikenal pendekatan nonteoritis. Jelaskan menurut pendapat saudara!

Pendekatan-pendekatan nonteoritis biasanya merupakan pendekatan pragmatis (praktis) dan otoriter (otoritarian). Pendekatan pragmatis terdiri atas penyusunan teori yang ditandai dengan penyesuaian terhadap praktik sesungguhnya yang bermanfaat untuk memberi sarana solusi praktik. Dalam metode pendekatan nonteoritis ini perumusan teori akuntansi didasarkan praktek lapangan. Disini  menjadi pertimbangan adalah hal-hal apa yang berguna untuk menyelesaikan persoalan secara praktis. Menurut pendekatan ini prinsip akuntansi yang dipakai adalah didasarkan pada kegunaannya bagi para pengguna laporan keuangan dan korelasinya dengan proses pengambilan keputusan.

5.) Apa yang saudara ketahui tentang hipotesis pasar efisien, dan tingkatan efisiensi pasar  menurut Fama (1970).

Menurut Fama, pasar efisien akan terbentuk apabila:

  • Tidak ada biaya transaksi dalam perdagangan saham.
  • Semua informasi tersedia secara cuma-cuma bagi semua peserta pasar.
    • Semua sepakat terhadapa implikasi informasi saat ini terhadap harga sekarang dan distribusi harga masa yang akan dating dari setiap harga saham.

Efficient Market Hypothesis (EMH) menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara harga   sekuritas dengan informasi yang tersedia , EMH menyatakan bahwa harga sekuritas mencerminkan informasi yang tersedia.

Tingkatan efisiensi pasar:

  • Lemah        : Harga sekuritas merefleksikan informasi yang lalu.
    • Semi kuat : Harga sekuritas merefleksikan publicy information (informasi yang dipublikasikan saat ini, misalnya laporan keuangan).
    • Kuat         : Harga sekuritas merefleksikan informasi masa lalu, informasi sekarang dan informasi private (informasi yang belum dipublikasikan).

6.) Perkembangan teori akuntansi dapat dikelompokkan ke dalam teori akuntansi tradisional dan teori akuntansi positif. Jelaskan dengan argumen yang mendukung!

Teori akuntansi tradisional:

Beberapa pendekatan untuk merumuskan suatu teori akuntansi dikenal sebagai pendekatan tradisional, dikarenakan pendekatan-pendekatan tersebut diwarnai oleh tidak adanya proses verifikasi yang sungguh-sungguh dilakukan dalam upaya mengembangkan suatu teori akuntansi. Pendekatan-pendekatan tradisional lebih merupakan penelitian konvensional daripada aliran baru dalam penelitian yang bersandar pada penalaran tradisional dalam merumuskan kerangka akuntansi konseptual. Pada awal mulanya para penulis hanya menjelaskan praktik yang telah diamati, dan dengan menyajikan aturan pedagogik untuk mengklasifikasi praktik tersebut.Kemudian setelah U.S. Securities Acts 1933 dan 1934 mengatur disclosure, para teoretisi akuntansi mengembangkan teori normative. Pada masa itu, validitas empiris dari hipotesis sebagai tempat bersandarnya teori normative tidak mendapat perhatian.

Teori akuntansi positif:

Teori akuntansi positif bertawal dari penelitian yang dilakukan oleh Watts dan Zimmerman. Watts dan Zimmerman tidak menggunakan teori normative, melainkan teori positif yang dalilnya menjelaskan bagaimana bekerjanya dunia nyata. Teori akuntansi positif ini dapat digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena. Teori ini tidak akan dibuktikan kebenarannya, melainkan akan diuji apakah prediksinya dapat ditolak oleh bukti empiris. Teori terdiri atas asumsi dan sehimpunan hipotesis substantif. Garis besar metodologi positivist: pengembangan teori dimulai dengan penjelasan fenomena yang dipikirkan oleh peneliti. Di samping itu juga harus ada asumsi baik dinyatakan atau tidak. Setelah dipelajari saling hubungan antarfenomena dengan asumsi tertentu, diderivasi hipotesis, kemudian dikumpulkan data yang dibutuhkan. Prosedur berikutnya, menguji hipotesis. Jika terbukti tidak salah, muncullah teori. Teori akan selalu berubah dan ber-evolusi jika ada usaha oleh peneliti (lain) untuk mengembangkan metodologi peneliti sebelumnya.

8.) Jelaskan tujuan pelaporan keuangan oleh perusahaan bisnis!

Tujuan pelaporan keuangan oleh perusahaan bisnis adalah:

  • Menyediakan informasi guna membantu investor dan kreditor sekarang maupun yang potensial serta pemakai lainnya dalam menilai jumlah, waktu dan ketidakpastian prospek aliran kas masuk pada perusahaan.
  • Menyediakan informasi tentang sumber daya ekonomi perusahaan.
  • Menyediakan informasi tentang kinerja keuangan perusahaan selama satu periode.
  • Menyediakan informasi bagaimana perusahaan mendapatkan dan menggunakan kasnya, tentang pinjaman dan pembayaran pinjaman.
  • Menyediakan informasi bagaimana manajemen perusahaan telah melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggungjawagnya pada pemilik.
  • Menyediakan informasi yang berguna bagi manajer dan direksi dalam membuat keputusan sesuai dengan kepentungan pemilik.

9.) Statement of Financial Accounting Concept N0. 2: tentang karakteristik kualitatif informasi akuntansi terkandung konsep relevance (relevan) dan reliable (andal), jelaskan menurut saudara! Jelaskan pula pertimbangan cost-benefit menurut saudara!

Relevance adalah informasi harus terkait dengan atau berguna dalam kaitannya dengan tindakan yang didesain untuk memfasilitasi atau menghasilkan informasi yang ingin dihasilkan. Ini mensyaratkan informasi atau tindakan pengkomunikasian yang mempunyai pengaruh. Jadi relevan merujuk pada kemampuan informasi untuk mempengaruhi keputusan manajer dengan mengubah atau mengkonfirmasi mereka tentang hasil atau konsekuensi suatu tindakan atau keputusan.

Reliable merujuk pada “kualitas yang memmungkinkan penggunaan data bergantung padnya dengan penuh keyakinan sehingga penyajian apa yang seharusnya disajikan”. Realibilitas akan berbeda antara pemakai, tergantung pada luas pengetahuan pemakai tentang aturan-aturan untuk menyiapkan informasi.

Pertimbangan Cost-benefit diakui sebagai pervasif. Informasi akuntansi keuangan akan dicari jika manfaat yang diperoleh dari informasi tersebut melebihi biayanya.

10.) Apa arti pentingnya asimetri informasi, adverse selection, dan moral hazard?

Asimetri informasi adalah salah satu pihak dalam transaksi bisnis memiliki keunggulan untuk mengakses atau memperoleh informasi daripada pihak lain. Pentingnya asimetri informasi adalah agar terdapat keseimbangan dalam memperoleh informasi masalah keuangan perusahaan antara pihak manajemen (manajer sebagai pihak internal perusahaan) dan pihak luar (investor, pemegang saham).

Adverse selection muncul jika beberapa orang, seperti manajer perusahaan dan insider, lebih tahu mengenai kondisi sekarang dan prospek perusahaan di masa depan daripada investor luar. Terdapat berbagai cara dimana manajer dan insider dapat mengeksploitasi manfaat informasi mereka pada pemakaian oleh pihak luar. Sebagai contoh dengan membiaskan atau memanipulasi informasi yang diberikan pada investor. Pentingnya adverse selection disini adalah agar pihak manajemen perusahaan melalui pengungkapan penuh atas informasi yang relevan, reliable, tepat waktu dan efektif dapat meminimalisasi manipulasi atau pembiasaan informasi keuangan yang berguna bagi investor dalam membuat keputusan.

Moral hazard muncul karena adanya pemisahan atas kepemilikan dan kontrol sebagai asimetri informasi, muncul dari tidak nampaknya usaha manajer untuk menjalankan perusahaan. Masalah keputusan manajer adalah dalam menentukan seberapa banyak usaha untuk menjalankan perusahaan sebagaimana yang diinginkan oleh pemegang saham. Net income biasanya digunakan untuk mengukur kinerja manajer ini, selain itu utang jangka panjang dan kontrak utang juga digunakan. Pentingnya moral hazard adalah investor dapat mengontrol kinerja manajer yang menjalankan bisnis perusahaan, agar manajer lebih efektif dan efisien dalam bekerja. Kinerja manajer dapat dilihat dari: Pendapatan bersih dapat disajikan sebagai sautu input ke dalam kontrak kompensasi executive untuk memotivasi kinerja manajer, pendapatan bersih dapat menunjukkan kinerja pasar modal dan bursa tenaga manajerial, sehingga manajer yang malas akan menerima penurunan pendapatan, reputasi dan nilainya dengan berjalannya waktu.

13.)Pengungkapan informasi akuntansi dapat dikelompokkan ke dalam pengungkapan  wajib (mandatory) dan sukarela (voluntary). Jelaskan pendapat saudara!

Pengungkapan informasi wajib (mandatory) adalah laporan atau informasi akuntansi yang wajib disajikan oleh entitas bisnis sesuai dengan peraturan dalam Standar Akuntansi Keuangan (di Indonesia sesuai dengan PSKA) yang berupa laopran keuangan yaitu:

  1. Neraca.
  2. Laporan laba rugi.
  3. Laporan arus kas.
  4. Laporan ekuitas pemilik.
  5. Catatan atas laporan keuagan.

Pengungkapan informasi sukarela (voluntary) adalah laporan yang tidak wajib dilaporkan oleh entitas bisnis karena di SAK tidak diwajibkan tetapi dengan sukarela dilaporkan oleh entitas tersebut. Contohnya adalah laporan tentang lingkungan hidup khusunya bagi industri dimana faktor-faktor lingkungan hidup memegang peranan penting gabi entitas bisnis tersebut; laporan nilai tambah (value added statement); laporan CSR (Corporate Social Responsibility).

14.) Jelaskan istilah berikut:

a. Trueblood Committee.                         c. Timeliness

b. Representational faithfulness.             d. Fully reflect and quickly react

a. Trueblood Committee adalah Tim perumus untuk mengembangkan tujuan laporan keuangan yaitu dengan menentukan:

  1. Siapa yang membutuhkan laporan keuangan.
  2. Apa informasi yang mereka butuhkan.
  3. Seberapa banyak informasi yang dibutuhkan dapat disediakan melalui akuntansi.
  4. Apa kerangka kerja yang diperlukan dalam menyediakan kebutuhan informasi.

b. Representational faithfulness adalah angka-angka dan penjelasan dalam laporan keuangan mewakili apa yang betul-betul ada dan terjadi. Yaitu, angka-angka dan penjelasan akuntansi sesuai dengan sumber daya atau kejadian yang diklaim oleh angka-angka serta penjelasan tersebut. Jadi informasi harus bebas dari bias.

c. Timeliness adalah informasi akuntansi harus tersedia kepada pembuat keputusan sebelum informasi tersebut kehilangan kapasitasnya untuk mempengaruhi keputusan yang diambil.

d. Fully reflect and quickly react adalah harga sekuritas direfleksikan secara penuh dan memberikan reaksi secara cepat terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada pasar saham atau pasar sekuritas.

advertisement
Tags:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *